Banner

Tata Cara Lengkap Sholat Jenazah ( Bacaan Niat Dan Bacaan Doa Sholat Jenazah )

Tata cara Sholat Jenazah - Solat jenazah adalah Sholat yang di kerjakan Hanya 4 kali takbir dan di kerjakan saat seorang muslim meninggal baik itu laki-laki maupun perempuan .Untuk Hukum Shalat Jenazah ini sendiri adalah Fardu Kifayah atau kewajiban yg ditunjukan kpd orang banyak (muslim) tetapi bila sebagian sdh melaksanakan Shalat maka gugurlah kewajiban bagi yg lainnya.

Rasulullah Muhammad SAW Pernah bersabda :

"Shalatkanlah olehmu orang – orang (muslim) yg sudah meninggal yg sebelumnya mengucapkan Laa Ilaaha illallaah (HR. Ad-Daruruquthni) "

" Barang siapa yg mengiringi Jenazah dan turut menshalatkannya maka dia akan memperoleh pahala sebesar 1 (satu) Qirath dan siapa yg mengiringinya sampai selesai pemakamannya maka dia akan mendapatkan 2 (dua) Qirath (HR. Muttafaq’ alaih) "

Adapun Syarat-Syarat Sholat Jenazah Sebagai berikut :

  • Cara Mengerjakan Shalat Jenazah sama halnya dg Shalat yg lain yaitu harus menurup Aurat, Suci dari hadast besar dan kecil, pakaian dan tempatnya serta menghadap kiblat, 
  • Syarat Shalat Jenazah yg kedua ialah sang mayit sudah dimandikan dan dikafani 
  • syarat yg ketiga, letakan si mayit sebelah kiblat orang yg menyalati-nya, kecuali kalau Shalat diilakukan diatas kubur atau Shalat Ghaib.
Untuk Cara Mengerjakan Shalat Jenazah ini tidak ada Ruku’, dan Sujud serta tidak dg Adzan dan Iqamat namun masih diawali dg bacaan niat shalat dan untuk tahap – tahap Shalat Jenazah sendiri antara lain

1. Niat Shalat Jenazah, niat menyengaja melakukan shalat atas mayit dg 4 (empat) takbir menghadap kiblat karena Alloh. Lafal Niat Shalat Jenazah tersebut adalah

niat shalat jenazah laki - laki :

niat shalat jenazah laki - laki

Arti Niat Shalat Jenazah Laki " Aku niat shalat atas mayit ini empat takbir karena Alloh Ta’ala"

Niat shalat jenazah wanita

niat shalat jenazah wanita

Terjemahan Niat Shalat Jenazah Wanita diatas, ” USHALLII ‘ALAA HAADZIHIL MAYYATI ARBA’A TAKBIIRAATIN (Imaman / Makmuu) MA LILLAAHI TA’AALA ”.

2. Cara Mengerjakan Shalat Jenazah Setelah Niat Shalat Jenazah maka takbiratul Ikram yakni setelah mengucapkan Allahu Akbar sambil meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri diatas perut (Sedakep), kemudian membaca Surat Al Fatihah (Tidak membaca Surat yg lain).

Doa setelah shalat jenazah surat Al-Fatihah

3. Setelah takbir pertama dan membaca Surat Al Fatihah seperti diatas, kemudian dilanjutkan dg Takbir Kedua dan terus dilanjut dg membaca Doa Shalat Jenazah Shalawat Nabi Muhammad Saw

Doa shalat jenazah Sholawat Nabi Saw

4. Setelah Takbir Kedua dan membaca Shalawat Nabi maka dilanjutkan dg Takbir Ketiga dan membaca Bacaan Doa Shalat Jenazah seperti dibawah ini

doa shalat jenazah takbir pertama

Terjemahan Surat diatas, ” ALLAAHUMMAGHFIR LAHUU WARHAMHU WA’AAFIHI WA’FU ‘ANHU ”. yang artinya adalah, ”’ Ya Alloh, ampuniilah dia, beriilah rahmat dan sejahtera dan maafkanlah dia ”’.

5. Kemudian setelah Takbir Ketiga dilanjut dg Takbir Keempat (Takbir Terakhir), setelah Takbir Keempat membaca Doa Shalat Jenazah sebagai berikut.

”’ ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHU WALAA TAF-TINNAA BA’DAHU WAGHFIR LANAA WALAHU ”

" Ya alloh, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kpd kami janganlah engkau meluputkan kami akan pahalanya, dan jangan-lah Engkau (Tuhan) memberi kami fitnah sepeninggalnya dan ampunilah kami dan dia "

6. Setelah itu (Selesai) memberi salam sambil memalingkan muka ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan ucapan sebagai berikut, ”  ASSALAAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH ”.

Setelah itu tinggal anda membaca Doa Setelah Shalat Jenazah sendiri dan Bacaan Doa Setelah Shalat Jenazah tersebut sudah kami buat dibawah ini tinggal anda membaca dan mengahafalkannya sendiri

doa setelah shalat jenazah part 1

Artinya " Ya Alloh Jika mayit ini termasuk ke dalam orang yg baik, maka terimalah amal kebaikanya dan jika mayit ini termasuk kedlm orang yg jahat maaka bebaskanlah dia, sebab rahmat engkau akan kerindha’an Engkau dan jauhkanlah dia dari fitnah kubur dan siksnyanya "

doa setelah shalat jenazah part 2

Artinya :” Dan Luaskan-lah kubur-nya, renggangkanlah bumi dan kedua lambungnya dan pertemukanlah dia dg sebab rahmat Engkau akan keselamatan dari siksa Engkau sehingga Engkau bangunkan dia dlm keadaan aman sampai ke surga engkau berkat rahmat engkau, wahai zat yg paling pengasih diantara para pengasih ”.

Demikianlah penjelasan Mengenai Tata Cara Sholat Jenazah, Bacaan Niat Sholat Jenazah Dan Bacaaan Doa Sholat Jenazah, Semoga Artikel Ini bermanfaat..

0 Response to "Tata Cara Lengkap Sholat Jenazah ( Bacaan Niat Dan Bacaan Doa Sholat Jenazah )"

Posting Komentar